Benarkah Kurang Tidur Menimbulkan Risiko Masalah Kesehatan Termasuk Kanker dan Penyakit Jantung?


Bukti terbaru menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, namun temuan ini tetap kontroversial.

Mungkin hubungan yang paling mencolok antara tidur dan penyakit berasal dari penelitian yang menunjukkan bahwa semakin sedikit orang tidur, semakin besar kemungkinan mereka menjadi gemuk dan, seperti Anda ketahui, obesitas meningkatkan risiko daftar penyakit yang panjang. Tahun lalu, periset di Columbia University di New York menerbitkan sebuah analisis data dari hampir 10.000 orang yang dikumpulkan secara nasional antara 1982 dan 1992. Mereka menemukan bahwa orang berusia antara 32 dan 49 yang tidur empat jam atau kurang per malam memiliki kemungkinan 73 persen lebih banyak.

menjadi gemuk dibanding orang yang melaporkan tidur antara tujuh sampai sembilan jam per malam. Studi yang sama menunjukkan bahwa orang yang hanya memiliki lima jam tidur memiliki risiko 50 persen lebih tinggi daripada mereka yang mendapatkan istirahat malam penuh. Mereka yang tidur enam jam hanya 23 persen lebih cenderung kelebihan berat badan.

Kurang tidur dapat menyebabkan penambahan berat badan dengan mengganggu produksi hormon pengatur nafsu makan ghrelin dan leptin. Kurang tidur juga dapat menyebabkan gangguan dalam cara tubuh mengatur gula darah, yang dapat menyebabkan peningkatan risiko diabetes.

Studi laboratorium juga menunjukkan bahwa kekurangan tidur dapat meningkatkan produksi hormon stres tubuh, meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan zat dalam darah yang bertanggung jawab untuk meningkatkan peradangan di tubuh. Peradangan sekarang tampaknya menjadi faktor risiko utama penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes dan bahkan obesitas.


Berikut adalah rekomendasi dr.weil.com untuk mendapatkan tidur yang nyenyak:

  1. Periksa kasur Anda untuk tanda-tanda keausan setidaknya dua kali setahun, dan pertimbangkan bantal baru jika Anda merasa tidak nyaman. Kasur usang bisa menyebabkan masalah tidur.
  2. Jika kamar tidur Anda berisik, belilah generator "white noise" murah yang membuat suara yang menenangkan menyegel yang mengganggu.
  3. Cobalah Nafas Santai Saya untuk membantu menyingkirkan pikiran yang menyebabkan kurang tidur.
  4. Jika Anda sering bangun untuk buang air kecil dan tidak bisa kembali tidur sesudahnya, hilangkan kafein dan alkohol. Jangan minum minuman yang mengandung kafein atau alkohol dalam 3 sampai 4 jam waktu tidur.
  5. Jika Anda tidak bisa tidur, bangun dan baca atau lakukan peregangan ringan. Hal ini mungkin mengalihkan pikiran Anda dari masalah karena tidak dapat tertidur dan membantu Anda rileks sehingga Anda bisa tertidur.
  6. Pertimbangkan untuk menggunakan melatonin atau valerian sesekali untuk membantu Anda tertidur.


Dilansir dari dr.weil dan gambar bersumber dari http://www.gucci-inc.net
Benarkah Kurang Tidur Menimbulkan Risiko Masalah Kesehatan Termasuk Kanker dan Penyakit Jantung? Benarkah Kurang Tidur Menimbulkan Risiko Masalah Kesehatan Termasuk Kanker dan Penyakit Jantung? Reviewed by Pak Yan on October 10, 2017 Rating: 5

No comments:

BACA JUGA

Powered by Blogger.